http://www.thehardisfamily.my.id/

Alasan Menulis dan Tips Mengatur Waktu Ala Blogger



Bismillahirohmanirohim 
Wah.. nggak terasa nih sudah masuk ke tugas kedua di Blogspedia ihiyyy… Alhamdulillah masih bertahan di kelas ini. Jika saya ditanya mengenai mengapa menulis blog ada beberapa yang ingin saya sampaikan. 

1. Bisa menjadi diri sendiri 
Menulis blog mempunyai gaya tersendiri, karena berbeda dengan tulisan-tulisan seperti cerpen, artikel, atau non-fiksi. Saya sangat menyukai menulis blog karena bisa menulis dengan bebas dan menjadi diri sendiri. Karena menurut saya penulis blog memiliki gaya masing-masing. Sehingga menulis blog bisa menjadi diri sendiri. 

2. Bebas berkreasi 
Dalam menulis blog tidak hanya menulis saja, kita pun bisa berkreasi dengan photo, gambar dan lain-lain. Dalam hal ini seorang blogger memiliki kemampuan untuk selalu berkreasi dalam sebuah blog. 

3. Selalu update informasi 
Seorang blogger perlu update informasi, saya merasa perkembangan ilmu blogger sangat banyak, sangat jauh dibandingkan saat saya mengenal blog di 2009. Perkembangannya begitu pesat namun sayang saja saya sering ketinggalan akan hal ini karena saya pun punya kekurangan yaitu gaptek. 

4. Berbagi pengalaman
Saat menulis blog saya bisa membagikan ilmu yang saya dapatkan atau berbagi pengalaman saat pergi ke suatu tempat. Mengikuti seminar, mencoba sebuah produk dan lain-lain. Sehingga dengan bebas kita bercerita kepada para pembaca. 

5.Sarana mengikat ilmu 
Setelah saya mendapatkan ilmu baru saya bisa menuliskannya di blog saya. Sehingga Blog menjadi sarana pengikat ilmu 

6. Sarana dokumentasi 
Blog bisa menjadi Sarana dokumentasi apapun misal aktivitas anak-anak, perkembangan anak-anak sehingga dalam hal ini bisa mendokumentasikan segala aktivitasnya yang kita lakukan lalu disampaikan kepada orang lain di luar sana. 

7.Media curhat bagi saya 
Menulis Blog sebagai sarana curhat bagi saya. Ya kita bisa menumpahkan segala sesuatu yang kita rasakan saat menulis sebuah blog, dan paling saya suka adalah karena setelah menulis ada perasaan lega dalam diri saya. Dan saya tidak akan mendapatkan komentar atau pendapat yang tidak saya inginkan untuk tulisan yang saya private. 

8.Me Time 
Ya, Menulis dan Ngeblog merupakan salah satu cara Me Time saya. Namun dalam hal ngeblog saya belum konsisten dalam melakukannya. 

Itulah beberapa alasan mengapa saya menulis blog. Nah ada beberapa kendala yang sering saya rasakan ketika menulis blog salah satunya adalah waktu saat menulis. 

Tips produktif menulis blog 
Setiap orang memiliki cara dan waktu yang berbeda dalam menulis blog. Nah bagi para ibu rumah tangga yang biasa aku sebut Ratu Rumah Tangga ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya bisa produktif dalam menulis Blog. 

1.Tentukan waktu 
Saya terbiasa menulis blog di malam hari ketika anak-anak sudah tidur. Sehingga saya memiliki waktu yang banyak untuk menulis blog. Seperti saat mengerjakan tugas ini. Namun sebagian orang ada yang mengerjakan tulisan saat dini hari saat bangun tidur karena merasa idenya lebih banyak didapatkan saat dini hari. 

2.Mencicil draft tulisan 
Saat membuat blog membutuhkan waktu yang panjang. Misal saat membuat sebuah review produk maka kita harus mulai mencicil blog tersebut tidak hanya sekali menulis namun sebaiknya membuat draf terlebih dahulu. 

3.Membuat time schedule 
Sebaiknya saat membuat blog diperlukan manajemen waktu yang baik. Misalnya untuk observasi produk berapa hari, mencari informasi tentang produk berapa hari, membuat draf berapa hari sehingga akhirnya memilih kualitas yang baik dalam menulis blog. Hal ini masih sangat sulit saya lakukan karena saya menyesuaikan waktu dengan kebutuhan anak-anak kadang hal ini menjadi molor. Namun setelah mendapatkan ilmu dari sesi 1 dan 2 kemarin salah satu hal yang perlu saya perbaiki adalah memiliki Niat yang benar dalam menulis blog. Bismillah. Dan akhirnya saya bisa menjelaskan dan menyelesaikan tugas ini. 


Waktu dalam mengupgrade blog 
Berdasarkan pengalaman yang saya alami saat mengerjakan tugas ini. Waktu yang singkat sekitar 2 hari dalam menyelesaikan tugas sangat singkat sehingga saat menyelesaikannya pun dikerjakan pada saat mendekati deadline. Jadi yang perlu saya perbaiki adalah NIAT dan Tanggung Jawab terhadap tugas saya sebagai peserta di Blogspedia. Adapun beberapa cara supaya kita tepat memiliki waktu untuk mengupgrade blog yakni : 

1.Memiliki Niat 
Pertama yang dilakukan adalah memiliki niat untuk belajar dan berkembang dalam membuat blog. Dan tidak hanya angan-angan saja. Namun apa yang telah saya niatkan harus dilakukan. 

2.Konsisten 
Seperti yang Mbak Martias sampaikan materi awal. Pentingnya konsisten dalam menulis blog sehingga blog kita tidak dipenuhi dengan sarang laba-laba 

3.Memiliki teman di komunitas yang sama. Memiliki Teman komunitas yang sama yaitu sama-sama menulis  blog sehingga kita bisa saling tumbuh belajar bersama dan berkembang seperti di Blogspedia ini

Begitulah cara-cara yang bisa sampaikan dalam mengatur waktu untuk membuat blog. meskipun di sisa-sisa waktu saya mengurus rumah tangga dan anak-anak namun ada kepuasan dan perasaan bahagia tersendiri dalam menulis sebuah blog. 

Karena tidak ada kata terlambat dalam belajar yang penting adalah memanfaatkan waktu kita saat di dunia. Digunakan untuk apa salah satunya adalah mencari ilmu yang bermanfaat sehingga waktu yang Allah berikan untuk kita menjadi waktu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Salah satu caranya dengan menulis blog. Itulah Alasan Menulis dan Mengatur Waktu Ala Blogger 

Terima kasih atas bimbingan dari Mbak Marita Bunda Lilah dan Mbak Dyah atas bimbingan selama di kelas Blogpedia. 
Ilmu ini sangat bermanfaat untuk saya dalam mengembangkan diri dalam menulis dan memperdalam ilmu dalam membuat blog. 

4 komentar

  1. Masya Allah, mba Ky. Semoga terus berkarya di blog ini dan terus menebar manfaat juga kebaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih mbak dwi, mari berjuang bersama ya mbak ❤️

      Hapus
  2. Hai kak Kiki, first time nih aku berkunjung ke sini. Memiliki teman dalam komunitas ini aku setuju banget ya.. kalau ada barengannya jadi makin semangat untuk menulis..

    BalasHapus
  3. Hai mbak, betul kalo ada temen jadi seneng kan ya saling remender juga kalo ada tugas d.l.l dan juga bisa saling tukar informasi.

    BalasHapus