http://www.thehardisfamily.my.id/

Content Blog Plan The Hardi's Family


Tidak terasa kelas Blogpedia akan segera berakhir, hampir sedikit lagi menuju finish. Kali ini kami belajar tentang perencanaan konten untuk blog. Banyak hal baru bagi saya dalam materi kali ini. Dan hal-hal ini sangat penting bagi seorang blogger. 

Menjadi Mom Blogger yang masih jarang update, update hanya ketika ada job atau lomba blog. Sehingga blogger pertama saya kurang terupdate, makanya saya berusaha banget bergabung dan bertahan di kelas Blogpedia ini bersama emak cupu lainnya.


My  Blog Plan Ala The Hardi's Family

Mengingat tahun 2023 akan segera berakhir dan blog ini adalh blog baru, maka saya tidak membuat target yang banyak, sedikit namun bisa saya optimalkan. Karena saya mengukur kemampuan saya dengan aktivitas lainnya. 


  • Konsisten 

Hal penting banget bagi seorang blogger pekerjaan apapun konsisten dengan membuat konten blog yang sudah dibuat, Nah salah satunya pelajaran di kelas ini,  kita belajar bagaimana karena dengan konten yang sering terupdate bisa menaikan pengunjung blog kita. 

  • Update Blog 

Setelah membuat jadwal konten, maka update blog pun akan menjadi lebih sering. Hal ini memudahkan saya dalam melakukan update blog. Dengan tujuan minimal 1 minggu sekali kita melakukan update blog. Bismillah yuk bisa yukkk. 

  • Menambah  networking dalam blog 

Salah satu cara saya bergabung dengan Blogspedia adalah menambah networking saya sehingga  saya bisa bertemu dengan blogger lainnya. Dan belajar dari mereka. 

  • Mengikuti Lomba

Blog kedua saya  yang masih tergolong baru, akan saya ikutkan lomba, Karena dengan mengikuti lomba kita bisa menambah wawasan selain itu jiga menang akan menghasilkan cuan. Asik banget kan 

Bismillah semoga blog ini bisa lebih bermanfaat bagi para pembacanya ya. 



Nah ini salah satu contoh blog plan yang saya buat selama satu minggu kedepan. semoga saya bisa menyelesaikannya. 




MANFAAT CONTENT PLAN BLOG

Memang apa sih manfaatnya bikin perencanaan konten? Kok kayaknya wajib banget dibikinnya. Well, memang banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membuat content plan. Tapi kalau aku merangkum pemaparan Coach Marita di kelas, setidaknya ada lima keuntungan yang bisa kamu rasakan. Mari kita pelajari satu per satu.


1. Mengarahkan dan Menjaga Konsistensi Menulis

Adanya content plan membuat blog jadi lebih terarah, sebab bloger sudah merumuskan tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Jadi sudah jelas nih apa saja yang harus dilakukan supaya tujuan itu tercapai. Nggak ngawur atau asal mengikuti arus.

Perencanaan konten juga bisa menjaga konsistensi blogger untuk menghasilkan tulisan. Karena sudah ada jadwal konten yang dirancang. Misal dalam seminggu harus menulis satu artikel, dua atau lebih.

Jadwal ini harus diikuti secara disiplin, ya, supaya kelihatan hasilnya. Makanya bikin jadwal yang logis aja, sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan. 

Memang, semakin sering update maka personal branding juga bisa semakin meningkat. Tapi membuat perencanaan blog sebaiknya tidak perlu muluk-muluk, terlalu idealis, tapi akhirnya malah 'keteteran' dan tidak terlaksana.


“Gapapa sedikit, asal konsisten. Istiqomah itu lebih utama daripada jumlah.”

2. Membantu Proses Menulis Artikel

Seperti yang sudah saya singgung di atas, adanya content plan akan memudahkan blogger ketika menulis artikel atau membuat konten. Blogger tinggal eksekusi judul atau topik yang sudah direncanakan. Mencari sumber pun jadi lebih mudah, tidak menghabiskan banyak waktu.

Apalagi kalau kerangka atau outline artikelnya sudah dirumuskan. Wah, menulis artikel pasti jadi lebih gampang dan cepat. Tinggal mengembangkan saja kerangka yang ada. Intinya, dengan rencana konten blogger bisa bekerja lebih mudah, cepat dan tepat. Lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan menulis bebas tanpa rencana konten.

3. Memudahkan Riset Keyword

Nah, sudah tahu kan kalau keyword alias kata kunci itu penting bagi blogger? Ibaratnya seperti ruh dalam artikel. Kalau topik atau judul artikel sudah direncanakan, blogger jadi lebih mudah riset keyword. Target kata kunci artikel jadi lebih jelas dan risetnya pun tidak sampai melebar kemana-mana.

4. Memetakan Ide dan Mencegah Writer’s Block

Content plan juga berfungsi untuk memetakan ide serta mencegah writer’s block atau buntu ide bagi blogger. Dengan membuat perencanaan, blogger bisa memilih topik atau keyword mana yang menarik untuk dieksekusi lebih dulu, mana artikel yang paling sesuai dengan peringatan hari-hari tertentu (seperti peringatan hari nasional, hari raya dan sejenisnya) hingga membuat posting-an yang sesuai topik trending pada saat tertentu.

Oiya, dalam perencanaan konten bloger juga bisa mem-breakdown dalam beberapa sub judul. Ini tentu bisa mencegah writer’s block di tengah-tengah proses menulis artikel. Sebab kerangka berpikir sudah diarahkan sesuai dengan kerangka artikel yang direncanakan.

Even more, kalau perencanaanya sudah detail sampai backlink artikel-artikel yang terkait. Wah, jelas bloger jadi lebih mudah mencari artikel lama yang sudah dibuat. Breakdown ide konten ini sebetulnya juga memudahkan bloger untuk mengoptimasi aspek SEO On Page, lo. Seperti urutan heading (H1, H2, H3, H4) dan sebaran backlink dalam artikel.

5. Menyediakan Konten yang Seimbang dan Berkualitas

Perencanaan konten juga membantu blogger terutama yang punya banyak label atau kategori dalam blognya. Blogger bisa mengatur jadwal posting artikel dari masing-masing kategori secara seimbang dan merata. Jadi, nggak ada nih kategori tertentu yang seperti jadi ‘anak emas’ dan ‘anak tiri’.

Dengan menyediakan konten yang seimbang, blogger juga bisa menganalisis konten-konten mana yang sekiranya dibutuhkan dan ditunggu-tunggu oleh pembaca. Kalau sudah begini, mind map jadi lebih jelas dan terarah. Hasilnya, artikel yang ditulis pun jadi lebih berkualitas daripada dibuat tanpa perencanaan.


Nah begitu sekilas tentang Content Blog yang saya buat, semoga bermanfaat 

2 komentar

  1. semoga targetnya dapat tercapai ya mbaak...

    BalasHapus
  2. hehe, ngena banget mana kategori 'anak emas', dan 'anak tiri' ..

    BalasHapus