http://www.thehardisfamily.my.id/

Menggali Potensi Diri Melalui Catatan Tirta


Selayang pandang dengan pemilik blog Catatan Tirta. 

Setiap manusia memiliki potensi, namun setiap orang ada yang sudah menemukannya, adapula yang belum. Nah bagaimana seseorang menemukan potensi dirinya yaitu salah satunya dengan mengetahui tujuan hidupnya. Setelah itu barulah ia bisa menggali potensi diri dan memberikan vibrasi positif untuk lingkunganya. 

Pertemuan virtual dengan seorang perempuan yang tinggal di daerah cikarang. Pertemuan kami disebuah media sosial karena sama-sama berada di salah satu komunitas ibu pembelajar dan kali ini di salah satu komunitas blogger. Dari sanalah aku bisa mengenalnya lebih dekat. Ia bernama Dwi Nur Tirta yang merupakan ibu dari dua orang anak. Biasa dipanggil "Mbak Dwi". Perempuan ini memakai kacamata saat aku melihat photo profilnya melalui sebuah media sosial. 

Ia pernah bekerja di ranah publik, namun setelah memiliki anak pertama mutuskan untuk berkarir di ranah domestik. "Tahun 2017 setelah saya resign, lalu mulai bertemu dengan teman-teman lama di masa muda yang memilki hobi menulis. Dari sanalah saya mulai mengembang diri melalui media menulis. Karena saya menyukai menulis, akhirnya membuat blog untuk media menulis tantangan. Selebihnya blog dipakai buat nulis tugas IP juga dan catatan kegiatan yang pernah dilakukan baik itu travelling, kuliner, atau lainnya." Tuturnya ia yang memiliki hobi membaca fiksi. 

Menggali potensi diri melalui Catatan t
Tirta.

Sejak saat itu, ia mulai mengeluti dunia blogger. Dunia blogger dunia yang sangat kompleks dibandingkan menulis. Karena tugas kita tidak hanya menulis namun juga meningkat kemampuan lain. Seperti Desain, menggolah informasi supaya menarik, SEO dan lain-lain. Sehingga meskipun ia sudah lama terjun di dunia ini. Ia terus menggali potensi lebih dalam. 

Menjadi seorang Mom Blogger menurut Mbak Dwi tidak boleh pantang menyerah, maka dari itu ia sering mengikuti tantangan dan kelas-kelas Blogger salah satunya adalah Blogspedia

Perjuangan Mbak Dwi supaya bisa lolos menjadi peserta di kelas ini harus memenuhi sebuah tantangan selama 15 hari berturut di blogger. Dengan kegigihannya ia pun bisa menaklukkan tantangan ini sehingga bisa bergabung menjadi peserta di Blogspedia Batch 4 ini. 

Dangan bergabung di Blogspedia kemampuan ia dalam bidang blogger semakin terasah. Karena  semua  peserta diasah untuk memperdalam kemampuan bloggingnya. Dan akhirnya lahirlah Catatan Tirta.
Mengenal lebih dekat Catatan Tirta? 

Catatan Tirta merupakan rebranding sebuah blog dari serpihan air. Ia memberikan nama blog yang lebih singkat dari sebelumnya yaitu Catatan Tirta. Ia pun mengungkapkan mengapa memilih nama tersebut "Catatan karena blog isinya gado-gado. Hampir semua adalah berupa catatan dari hal-hal yang pernah dialami. Rasanya lebih mudah saja kalau menulis sesuatu yang pernah dilakukan, lebih mengalir. Dan di akhir menambah kan Tirta yang menyatakan nama pemilik blog yang berasal dari nama belakangnya." Tutur perempuan asal jawa tersebut. 

Lalu aku mulai mengunjungi Blog Catatan Tirta. Blog yang memiliki background berwarna orange dan kuning dan sedikit memiliki ornamen batik sangat menujukan dirinya sebagai orang Jawa. Aku pun mulai menikmati halaman beranda di blog tersebut. 

Seperti yang ia ungkapkan didalam blog tersebut diisi oleh catatan yang pernah ia lalui, dalam aktivitas sehari-hari, bersama keluarga dan juga review buku yang selesai ia baca. Aku melihat bahwa Mbak Dwi ini sosok seorang ibu yang telaten dan rajin sehingga merekam jejak aktivitas dirinya dalam sebuah blog. 

Dalam blog tersebut memiliki beragam tema yakn : parenting, lifestyle, education, travelling, books, and kids. "Wah sangat mengagumkan Mbak." Ucapku. Aku mendapatkan kesimpulan ternyata dari aktivitas Mbak Dwi sebagai Mom Blogger ia bisa berbagi informasi melewat tulisan sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain yang membacanya. 

Blog ini memiliki logo bergambar buku yang mewakili sebagai media catatan dan aku hobi baca buku terutama fiksi. Pena alat untuk mencatat, memilih warna maroon yang melambangkan semangat. Bunga yang menyatakan genre perempuan. 
My Partner Blogging Hardi's Family X Catatan Tirta.

Setiap blogger memiliki keunggulan masing-masing, aku melihat mbak dwi merupakan seseorang yang sangat cepat dalam mengerjakan tugas. Saat sang mentor memberi tugas ia langsung menjapri aku untuk berkerja sama dalam menyelesaikan tugas di Blogspedia kali ini. 

Aku melihat ada sebuah kemiripan dalam hal menulis lifestyle family blog yang aku punya yaitu Hardi's Family. Karena kedepannya tulisan yang aku buat pun akan lebih banyak tulisan yang berkaitan dengan ilmu parenting berdasarkan pengalaman yang aku alami bersama keluargaku. Sehingga bisa membuat job tulisan bersama selanjutnya. 

Aku denganya yang sama-sama mengembangkan diri dalam dunia blog. Memilki kemiripan dan pandangan yang sama bahwa dunia blog ini terus berkembang dan kita harus selalu belajar. Karena kami salah satu orang-orang yang sudah mengetahui tujuan hidupnya, yaitu berbagi manfaat kepada orang lain melalui tulisan dan informasi melalui blog. 

Hal yang paling menarik darinya adalah orangnya sangat cekatan dalam mengerjakan tugas ini. Seperti sore tadi ia sudah selesai mengerjakan tugasnya dan memberikan informasi padaku. "Wahhh partner yang luar biasa." Ucapku dalam hati. 

Mbak Dwi Terimakasih sudah memilih aku menjadi pertner dalam mengerjakan tugas kali ini. Aku senang sekali bisa berkenalan lebih jauh baik secara personal dan blognya Catatan Tirta. Marilah kita terus mengasah potensi dalam dunia blogger dan berbagi manfaat untuk orang-orang disekitar kita melalui tulisan. 


Love Your Partner 

Rizky Arya Lestari 




2 komentar

  1. Masya Allah, bahagja bisa berpartner dengan Teh Kikie. Terima kasih sudah membuat catatan tentang diriku.

    BalasHapus
  2. wah IP memang jempol, barakallah juga teh kikie

    BalasHapus