http://www.thehardisfamily.my.id/

Pertama Kali Membeli Domain di NIgahoster

Hai mom, ini cerita aku melakukan pembelian domain sendiri, jujur ini bikin deg-degan banget untuk emak-emak yang gaptek seperti diriku, berasa banget deg-degannya pokoknya mulai lebay deh. 

 Di Blog pertama aku rizkyaryalestari.com aku membeli domain dengan cara menggunakan jasa, sehingga aku cukup semua pekerjaan ini kepada penyedia jasa, meminta domain yang diperlukan, lalu penyediakan jasa mengejarjakan permintaanku, setelah selesai aku membayar jasa dan domain dan selesai

Dengan bergabungnya aku di Blogspedia dan salah satu alasan bergabung disini, supaya kemampuan dalam dunia blog menjadi lebih meningkat. Aku yang benar-benar emak cupu ini mulai sedikit naik kelas, meskipun dalam pengerjaan tugasnya sering terseok-seok namun akhirnya selesai juga. 

Saat melakukan pembelian domain ini. Aku menggunkan HP karena supaya lebih mudah dalam pengerjaannya. Untuk membuka laptop rada susah karena selalu diikuti oleh para bocil. Sesuai dengan arahan oleh Coach yaitu mbak Martias, pembelian blog kali ini melalui Niagahoster. 
Langkah-langkah pembelian domain sebagai berikut : 
1.Mom bisa membeli sebuah domain selama nama domain tersebut belum digunakan orang lain. Lakukan pengecekan ketersediaan domain yang Mom inginkan. 
Buka halaman pencarian domain pada situs Niagahoster. Ketik nama domain beserta ekstensi yang Mom inginkan pada kolom pencarian. Klik “Cek Sekarang” untuk mengecek ketersediaan domain tersebut.
2. Setelah Mom masuk ke halaman “Order Domain,” periksa kembali nama dan ekstensi domain sesuai kebutuhan Mom. Jika sesuai, klik “Pilih” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Di halaman “Order Domain,” pastikan Mom telah memilih nama dan ekstensi domain yang benar. Ingatlah bahwa domain yang Mom pilih akan diperpanjang setiap tahun. Jika belum memiliki akun di Niagahoster, buatlah akun terlebih dahulu di bagian “Buat Akun.” Jika sudah punya akun, klik “Login.”
4. Setelah login, pada tahap ketiga Mom akan melihat berbagai metode pembayaran yang tersedia. Pilih metode pembayaran yang Mom inginkan, misalnya menggunakan QRIS. Pastikan status metode pembayaran di bagian kiri sesuai dengan pilihan Mom. Jika sudah benar, klik tombol “Buat Tagihan Pembayaran.”
5. Mom akan diarahkan ke halaman QRIS Payment. Pindai kode QR menggunakan platform pembayaran yang Mom pilih, seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAJA, ShopeePay, BCA Mobile, dan lain-lain.

Alhamdulillah setelah berhasil mendapatkan pembayaran di email. Aku telah berhasil membeli domain sendiri. Yeahhh aku senang, bagi emak-emak macam aku hal semacam ini perlu banget diapresiasi. Terimakasih wahai diri sudah berjalan sejauh ini. Daaannn kemampuan otak-ayik blogku bertambah, Apakah hanya sampai disitu. Tentu tidak Esmeraldaaa….. 

Nah dari sini aku mulai dag-dig lagi, aku memiliki PR bahagaimana mengaktifkan Blognya. Sehingga Domainnya sudah terpasang. 

Aku memilih my.id karena sesuai dengan tujuan blog ini merupakan blog pesonal keluarga, selain itu biaya tahunannya pun sangat ramah kantong sekitar 14.000 per tahun dan biaya pertahunan 25.000. Selanjutnya mulai melakukan sinkronisasi blogspot dengan niagahoster. 

Cara Mengganti Domain Blogspot secara Manual di Niagahoster 


Mari kita lihat penjelasan lengkapnya di bawah!
1. Login ke Blogspot
Pertama-tama, login ke Blogspot menggunakan akun Google Mom.

2. Dapatkan CNAME Blogspot
Di dashboard Blogger, klik menu Settings pada bagian kiri. Selanjutnya, scroll ke bawah sampai menemukan bagian Publishing, lalu klik Custom Domain.
Setelahnya, akan muncul pop-up Custom domain. Di sini, masukkan nama domain Mom dengan www, kemudian klik SAVE untuk menyimpan pengaturan.
Kalau sudah, Mom akan mendapatkan pesan yang berisi CNAME dan Destination seperti gambar di bawah. Beberapa informasi berikut akan dibutuhkan pada tahap-tahap berikutnya.
3. Login ke hPanel Niagahoster
Tahap selanjutnya adalah menambahkan CNAME baru pada DNS management panel pengelolaan domain Mom. Kalau Mom pelanggan setia Niagahoster, langkah pertama dalam tahap ini adalah login ke hPanel.

Pilih domain yang akan Mom ubah lalu klik Kelola.
4. Ubah Informasi CNAME
Pada dashboard pengelolaan domain, akses menu DNS/Nameserver dari sidebar sebelah kiri. Setelah itu, klik Edit pada CNAME Record yang sudah ada.

Ubah kolom Target seperti informasi yang Mom terima di Blogspot. Jika sudah, klik Update.
5. Tambahkan CNAME Record Baru
Setelah mengedit CNAME, Mom masih perlu menambahkan sebuah CNAME Record yang baru. Untuk melakukannya, akses bagian Kelola DNS record, lalu tambahkan CNAME sesuai gambar berikut ini:
Jika sudah, klik tombol Tambah Record
7. Verifikasi Perubahan di Blogger
Kembali lagi ke halaman dashboard Blogger, masukkan nama domain Mom. Misalnya saja, www.vpsniagahoster.com. Untuk melakukan penyimpanan, klik tombol SAVE.


Apabila proses penyimpanan gagal, artinya domain sedang dalam masa propagasi sampai domain dapat dikenali oleh sistem Blogger. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu hingga beberapa jam setelah melakukan pengaturan di hPanel Niagahoster.

Nah, kalau proses penyimpanan berhasil, maka nama domain Mom akan tersimpan di bagian Custom domain. Di tahap ini, blog Mom sudah bisa diakses dengan domain tersebut. Selamat, ya!
8. Ubah Pengaturan WWW di Blogger
Cara mengganti domain Blogspot belum selesai. Masih ada tahap terakhir yaitu mengatur WWW. Saat ini blog Mom hanya bisa diakses menggunakan www di depan nama domain. Contohnya, www.vpsniagahoster.com.
Biasanya, akan muncul keterangan bahwa DNS tidak bisa ditemukan seperti pada gambar di bawah ini.

Agar blog Mom bisa diakses tanpa WWW, Mom harus melakukan redirect. Caranya, di bagian Publishing pada menu Settings Blogger, temukan toggle Redirect domain dan klik untuk mengaktifkannya.
Selesai! Kini, blog Mom sudah bisa diakses menggunakan nama domain tanpa WWW. Sampai sini, Mom sudah berhasil mengikuti cara mengganti domain blogspot menjadi custom domain.
Alhamdulillah akhirnya berhasil mengubah thehardisfamily.blogspot.com menjadi thehardisfamilly.my.id. 
Yeah akhirnya berhasil menyelesaikan tantangan ini. Alhamdulillah wasyukurillah. 
  
Nah bagi Mom yang ingin membeli domain dan measang  tersedia di artikel berikut memasang custom domain

2 komentar