http://www.thehardisfamily.my.id/

Pengalaman Mengunakan Canva untuk Mom Blogger

Selama menjadi seorang Mom Blogger, aku belajar secara otodidak mengenal aplikasi ini. Dengan seringnya benotak-atik aplikasi ini akhirnya skill desain aku bertambah hal ini dapat dilihat dari desain aku pertama kali menggunakan aplikasi ini hingga sering. Banyak sekali manfaat yang aku dapatkan sehingga ketika meilhat media sosialku saat ini di IG yaitu @kikie_alya bisa termanage dengan baik. Begitu pula saat berkunjung ke blogku. Terdapat gambar-gambarnya yang menjadi ciri khas aku sendiri. 

Hampir 6 tahun aku bersama Canva hingga saat ini. Aplikasi ini cukup update sekarang bisa mebuat video langsung sehingga memudahkan para konten kreator dalam membuat video. Meskipun sudah sering mendengar aplikasi ini. Mungkin para mom masih belum tahu asal muasal aplikasi ini. 
Apa Itu Canva?
Canva adalah sebuah platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan cepat daripada software grafis lainnya. Tools ajaib ini bisa Mom gunakan secara online melalui browser desktop atau download aplikasi mobile-nya melalui App atau Play Store. Selain itu, ia menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro).

Profil Singkat Canva
Sejak 2013, platform ini berhasil merebut hati lebih dari 60 juta pengguna aktif bulanan dari 190 negara di dunia. Dan dari jutaan orang mengetahui apa itu Canva, sudah lebih dari 7 miliar desain berhasil tercipta. Berkat permasalahan yang Melanie Perkins, Cameron Adams, dan Cliff Obrecht temukan di lapangan bahwa banyak sekali orang yang ingin membuat desainnya sendiri dengan mudah. Hingga pada akhirnya terciptalah Canva yang mereka kemas dengan prinsip “make complex things simple”.
 Fitur 
Nah dari sejarah ini memang bener banget si Canva ini membuat menjadi lebih mudah dan simpel karena didalamnya memiliki beragam firtur diantaranya. 

Canva sebagai platform pembuatan desain, tak heran jika Canva memiliki segudang tools dan fitur yang akan memanjakan penggunanya. Selain cukup powerful, fitur-fitur ini mudah untuk orang awam pahami dan gunakan sehingga siapapun bisa jago mendesain dalam hitungan menit. Supaya Mom lebih familiar dengan apa itu Canva, berikut ini adalah fitur-fitur andalannya.

1. Tersedia 750.000+ Template
Fitur utama dan terbaik dari Canva adalah templatenya. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, diketahui total template siap pakai untuk berbagai kebutuhan adalah lebih dari 750 ribu. Bahkan hampir setiap harinya ada template baru untuk kategori tertentu.

Mom juga masih tetap bisa mengubah beberapa bagian desain dari template yang Mom pilih. Aplikasi ini benar-benar membuat desain jadi lebih praktis dan menyenangkan.

2. Ada 900+ Ilustrasi dan Icon
Selain template Mom juga bisa menambahkan unsur desain dengan ilustrasi dan icon dari berbagai jenis tema. Ingin ilustrasi 3D? Ada. Atau ilustrasi animasi seperti GIF? Juga ada. Explore menunya untuk menemukan ilustrasi dan icon yang dibutuhkan.

3. PDF Editor
Jangan kira Mom tahu apa itu Canva hanya untuk membuat dan mengedit desain langsung dari halaman templatenya. Sebab, Mom bisa mengimport file PDF ke dalam halaman kerja lalu Mom jadikan tampilan desain online. 

File PDF tersebut akan diubah jadi elemen-elemen yang editable sehingga Mom bisa mengedit bagian-bagian tertentu secara instan. Setelah selesai mengedit dokumen tersebut, Mom bisa mendownloadnya ke dalam format SVG, PPT, atau PDF.

4. Canva Live
Bagi Momyang kerap harus melakukan presentasi secara online, kini Mom bisa gunakan Canva dengan fiturnya yang bernama Canva Live. Dengan fitur ini, Mom tak perlu menyiapkan platform video conference lain untuk mengadakan presentasi online.

Kegunaan penting fitur Canva adalah meningkatkan partisipasi audience agar presentasi lebih interaktif. Contohnya audience bisa mengirim reaksi, komentar, dan pertanyaan saat presentasi berlangsung. Hebatnya lagi, fitur ini terjamin keamanannya karena siapapun yang ingin bergabung dengan presentasi harus memasukkan kode 6 digit dari di canva.live.

5. Text Customization
Mom tidak hanya bisa memanfaatkan apa itu Canva sebagai platform desain dan editing, melainkan juga bisa membuat dokumen dan file tekstual lainnya. Tentunya kebutuhan pembuatan dokumen online tersebut tidak akan optimal tanpa fitur teks. 

Tinggal pilih menu Text di sebelah kiri halaman editor lalu pilih jenis font, warna, dan ukuran yang diinginkan. Teks yang Mom buat dapat dipercantik dengan berbagai efek animasi sehingga tampilan dokumen online jadi lebih dinamis.

6. Canva Teams
Proses mendesain bisa dilakukan secara individual maupun berkelompok. Nah, jika Mom memiliki tim desain, maka Canva adalah platform terbaik untuk kebutuhan komunikasi dengan anggota tim desain lainnya. Hanya dengan menginvite anggota tim dan setting pengaturan access permission ke dalam halaman editor, tim desain Mom siap saling berkolaborasi menciptakan desain terbaiknya.

7. Grid Desain dan Foto
Fungsi dari apa itu Canva juga sangat membantu dalam pengeditan foto. Mulai dari mempercantiknya dengan filter ataupun dengan grid yang berfungsi untuk mengatur layout foto agar lebih rapi. Fitur grid ini pun tersedia dalam berbagai tata letak dan jumlah frame, mulai dari 2-grid hingga yang paling banyak adalah 16-grid.

8. Desain Frame
Percantik tampilan foto Mom dengan efek frame sehingga seperti pigura foto. Bentuk frame yang tersedia pun cukup beragam mulai dari frame standar, film foto, dan ada yang menyerupai foto polaroid. Sehingga Canva adalah tools tepat untuk Mom yang ingin membuat foto album atau galeri foto.

Fornt Text Favoritku 
Text yang sering aku gunakan dalam aplikasi ini adala latin, aku suka karena menurut memilki kesan long lasting, ketik membuat judul aku sering menggunakan tulisan ini. 
Misalnya fornt "Life Logo" 
Sedangkan untuk tulisan lainya aku menggunakan tulisan fornt Cronsom Roman. 

Pengalaman belajar bersama Hamimeha
Karena ini merupakan kelas pertama aku dalam mebuat blog, aku banyak menyematkan bintang dalam meteri yang beliau berikan. Sehingga akan bermanfaat bagi aku dalam menulis blog. Terimakasih mbak Haminmah materinya kali ini. 





Posting Komentar