http://www.thehardisfamily.my.id/

Me as a Blogger

Singkat cerita tentang aku dengan dunia blogger. Seperti yang aku ceritakan diawal aku memulai membuat blog lagi di tahun 2015. Saat aku memutuskan untuk menjadi full time mom, sambil mengisi waktu luang dan akhirnya aku mulai kembali membuat blog dengan tujuan supaya bisa menebar manfaat melalui tulisan. Sehingga aku menyebut diri ku sendiri dengan sebutan Mom Blogger. 

Mamak beranak dua yang memilki hobi menulis dalam bidang parenting, keuangan dan self development. Ihiyyy. Menurut dengan menulis selain menuangkan rasa, kita bisa berbagi cerita dan pengalaman yang bisa diambil oleh pembaca.  

Setelah melang-lang buana mencari kitab suci, eh bukan dink mencari tujuan apa saja yang mau aku tulis dan aku ingin dikenal sebagai seorang blog yang seperti apa? 

Jika dalam blog sebelumnya aku lebih banyak menulis tentang self development bagi perempuan di blog pertama ku yaitu tentang Ratu Rumah Tangga yang mencari jati diri. 

Sedangkan dalam blog ini, lebih ke aktivitas bersama keluarga. Atau mungkin jurnal keluarga. Sedangkan dalam dunia blogger aku ingin dikenal sebagai penulis yang memiliki tulisan lifestyle blogger. Karena dalam blog pertama maupun blog ini, masih campur-campur isinya. Sehingga masuk kedalam genre lifestyle blogger. 

Mengapa demikan, karena aktivitas yang akupun masih random, sehingga yang ditulis pum masih sangat campur-campur. Namun tetap memiliki benang merah yaitu parenting dan jurnal keluarga. 

Dan jika dilihat dari segala kekuata dalam diri, aku menyukai kegiatan bersama keluarga, mengajar anak-anak. Jalan-jalan dan juga bermain, sehingga hal-hal yang aku bisa dilakukan bersama anak-anak menjadi bahan tulisan aku. 

Oleh karena itu sebagai seorang blogger kita sangat perlu untuk membuat personal branding. Apa sih personal branding itu ? 

Mengenal Personal Branding
Di dunia yang serba kompetitif ini sangat terasa  sekali persaingannya dalam berbagai hal. Baik dalam dunia pendidikan, pekerjaan, membangun bisnis, dan lainnya. Dengan persaingan yang ketat ini tidak jarang banyak orang yang kalah karena tidak memiliki aspek spesial atau kesan tersendiri.

Makanya, pentingnya personal branding sangat dirasakan harus dimiliki saat ini. Seseorang yang berhasil membangun personal branding akan membantu mereka lebih stand out dari banyaknya orang.

Berikut ini dari pentingnya personal branding, diantaranya yaitu:

1.Membuat seseorang lebih menonjol dari orang lain
Dengan membangun personal branding, Anda akan jauh lebih stand out atau lebih menonjol dari kebanyakan orang.

Pertama, penting terlebih dahulu untuk Anda mengetahui siapa diri Anda sebenarnya, apa kemampuan Anda, kelemahan, dan sebagainya. Lalu setelah itu Anda dapat membangun personal branding sendiri yang akan meninggalkan kenangan untuk banyak orang.

Jika Anda berhasil menampilkan diri Anda yang berbeda dan berhasil memberikan kesan tersendiri pada orang lain, niscaya Anda akan lebih stand out dan Anda menjadi salah satu yang akan diingat orang lain.

2. Membawa berbagai peluang baru
Memiliki personal branding yang kuat dipercaya dapat membawa berbagai peluang baru.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini era yang kompetitif. Dimana banyak orang yang bersaing dalam mendapat pekerjaan, klien, membuka bisnis, dan lainnya.

Oleh karena itu, ketika Anda berhasil menerapkan personal branding, Anda dapat menampilkan keunggulan yang dimiliki, keahlian khusus yang tidak banyak dimiliki banyak orang. 

Nantinya Anda akan mendapatkan banyak peluang, bahkan bisa saja peluang itu yang datang sendiri ke diri Anda.

Karena jika ada orang yang sudah memiliki kesan baik pada Anda, nantinya orang tersebut akan mencari Anda untuk memberikan berbagai peluang-peluang yang lebih baik. Tentunya ini akan memberi kesuksesan dalam karir Anda kedepannya.

Meningkatkan kepercayaan dari orang lain
Anda yang melakukan branding diri sendiri, dengan memberikan keunggulan, keahlian, pengalaman, dan perilaku yang baik dimata orang lain. Nantinya akan terbentuk rasa kepercayaan orang lain pada diri Anda.

Sehingga Anda dapat membangun relasi dan koneksi secara alami dengan banyak orang. Nantinya banyak orang yang akan mempercayakan Anda dalam mengerjakan berbagai hal nantinya.

3.Pengendali sekitar
Percaya lah, jika Anda telah memiliki personal branding yang kuat, Anda dapat mengendalikan orang-orang di sekitar Anda.

Karena orang-orang di sekitar telah menaruh kepercayaannya pada Anda, sehingga mereka akan percaya setiap solusi dan keputusan ke arah yang lebih baik.


Jenis-jenis Personal Branding
Personal branding memiliki dua jenis, yakni alami dan buatan. 

1. Alami
Jenis ini adalah ketika seseorang yang secara tidak sadar telah membangun personal branding untuk dirinya sendiri. Seperti contoh seorang makelar sepeda motor yang menggunakan Facebook untuk mempromosikan dagangannya dan juga mencari barang untuk diperdagangkan melalui postingan dan juga grup jual beli di Facebook.

Dia tidak berniat untuk membangun personal branding, tetapi tanpa disadarinya banyak orang yang sudah mengenalnya sebagai seorang makelar sepeda motor. 

2. Buatan
Jenis ini adalah jenis personal branding ketika seseorang dengan sengaja membangun branding-nya di tengah masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu. Seperti contoh seorang blogger yang membangun personal branding melalui sosial media agar dia semakin dikenal. 
Manfaat Personal Branding untuk Blogger
Personal branding secara umum, memiliki beberapa fungsi dan tujuan, diantaranya adalah. 

1.Memperkenalkan diri dan mempertajam citra seseorang di publik. 
2.Mempermudah orang lain mengenali siapa sih kita itu?
3.Membantu kita untuk lebih fokus pada tujuan yang diinginkan. 
4.Memudahkan kita dalam menentukan pilihan kita kedepannya akan seperti apa. 

Sedangkan untuk blogger sendiri, manfaat personal branding adalah sebagai berikut. 
1.Sebagai motivasi untuk lebih mengembangkan diri. 
2.Mendatangkan peluang baru karena semakin banyak yang tahu value dan skill yang kita miliki. Dalam hal ini adalah value dan skill dalam dunia blogging. 
3.Menggali prestasi yang sebelumnya belum pernah dicapai. 
4.Semakin dikenal, semakin banyak pula manfaat yang kita berikan. 
5. Mudah diingat oleh orang lain. 


Namun yang harus diingat Bahwa Kita diciptakan sebaik sebaik-baik makhluk. Hadir dengan keunikan dan keistimewaannya tersendiri, manusia juga dibekali dengan akal untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas diri.

Tak perlu menjadi orang lain, setiap kita adalah yang terbaik dengan versinya masing-masing. Membangun personal branding selain tentang bagaimana orang mengenal kita, juga sebagai bentuk rasa syukur atas segala apa yang dititipkan dalam diri kita.



Posting Komentar