http://www.thehardisfamily.my.id/

6 Manfaat Meal Plan Bagi Keluarga

 

 

Setelah memilki anak usia sekolah, aktivitas saya di dapur semakin meningkat, karena harus memyiapkan makanan untuk anada yang sekolah hingga pukul dua siang. PR saya adalah bagaimana menyiapkan menu yang variatif, sehingga harus menentukan menu apa saja yang akan dimasak setiap harinya. Dengan dana yang telah ditentukan sebelumnya dapat menyediakan makanan terbaik untuk anada.

 

Dana dapur yang dikeluarkan para ibu setiap minggu. 

Secara acak saya melakukan  survei di media sosial, untuk mengetahui berapa dana yang dikeluarkan oleh para ibu untuk memasak lauk pauk selama satu minggu.  Dari hasil tersebut didapatkan setiap keluarga mengeluarkan sebesar Rp. 300.000,- sampai  Rp 700.000.- untuk biaya membeli bahan makanan atau membeli lauk pauk yang telah matang. Wow ternyata cukup besar juga ya. Seorang ibu menyatakan dengan dana yang diperoleh ia harus memutar otak menu apa saja yang akan di  , sehingga   yaitu  melakukan   Meal Plan.

 

Apa itu, Meal Plan ? 

Meal Plan merupakan perencanaan bahan makanan pertiga hari hingga satu minggu, yang berisi berbagai macam menu makanan pagi hingga malam. Dengan adanya perencanaan makanan banyak manfaat yang diperoleh yakni :

 

1. Menjaga Pemenuhan Nutrisi Makanan Sehari-Hari

Seperti yang sudah diketahui, tubuh pada dasarnya memerlukan berbagai macam jenis nutrisi. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa terpenuhi ketika jenis makanan yang ibu makan beragam.

Namun kendalanya, banyak orang sering sekali bingung bagaimana caranya agar makanan yang dimasak bisa memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi tubuh.

Nah, inilah manfaat membuat meal plan. Ibu bisa menjadi lebih terencana dalam menentukan asupan apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari.

Selain itu, meal planning akan membantu memperlihatkan bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi tertentu.

2. Lebih Hemat dalam Pengeluaran

Dengan tidak membeli makanan di luar rumah dan memesan makanan melalui aplikasi, ibu akan menghemat pengeluaran sehingga dana bisa dialokasikan untuk dana darurat atau melakukan investasi.

Cukup belanja di akhir minggu, untuk mengolah bahan-bahan yang bisa ibu konsumsi selama beberapa hari ke depan. Ibu bisa membeli bahan untuk membuat sup, dan memasaknya untuk beberapa kali makan.

Meal planning akan menghindarkanmu dari berbelanja dengan rasa lapar. Jika belanja dengan rasa lapar, kemungkinan ibu akan membeli apa pun yang memperbesar pengeluaran.

Ibu bisa menambahkan buah-buahan dalam meal planning untuk snack jika sewaktu-waktu ibu kelaparan di kantor. Selain mengandung vitamin dan antioksidan, buah cenderung lebih murah dan segar bukan?

3. Bisa Mengurangi Berat Badan

Perlu diketahui, konsisten melsayakan meal planning dapat menurunkan konsumsi makanan yang tidak sehat dan berat badanmu. Hal itu karena ibu tidak sering membeli makanan dari luar dan membantumu mengontrol diri untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak.

Dengan meal planning, ibu akan makan makanan yang seimbang dan sehat. Ibu akan terhindar dari konsumsi makanan olahan yang mengandung zat aditif, pengawet, hingga lemak.  

4. Memotivasi Diri untuk Berinovasi dalam Membuat Menu Makanan Baru

Terakhir, melakukan meal planning juga dapat memotivasi dirimu untuk lebih kreatif membuat menu makanan baru. Meal planning akan memberikan kesempatan untuk bereksplorasi pada menu makanan dengan bahan atau bumbu yang berbeda dan belum pernah dicoba sebelumnya.

5.Menu Makanan Menjadi Lebih Bervariatif

Sebelum melakukan Meal Plan saya sering bingung ketika memasak padahal  sudah membeli bahan makanan untuk satu minggu, namun setelah terbiasa melakukannya meja makan saya lebih bervariasi. Dan tidak bingung lagi ketika akan memasak. Dengan menu yang bervariatif maka komposisi gizi pun akan lebih seimbang. 

 

6. Waktu memasak lebih efektif.

Karena setiap menu sudah terencana dalam setiap harinya, sehingga waktu memasak pun menjadi lebih cepat, kurang lebih 45 menit menu yang saya buat sudah tersedia di meja makan. 

Inspirasi Menu Sederhana Selama Seminggu untuk Keluarga

Menyiapkan rencana menu untuk seminggu kedepan merupakan ide yang cukup bagus untuk dikerjakan. Selain dapat menghemat waktu berbelanja, rencana ini juga cukup efektif untuk menghemat pengeluaran harian. Merencenakankan memilih menu makanan untuk seminggu memang tidak mudah, namun tetap bisa dikerjakan kok, apalagi dengan tujuan untuk menghemat biaya belanja dapur.

Nah berikut ini akan kami bagikan info menarik untuk menyiapkan menu harian selama tujuh hari, tentunya dengan budget yang tetap hemat ya  Buu.

Menu Hari Senin

·         Sarapan dan Makan Siang : Nasi goreng + telur ceplok + jus buah

·         Makan Malam : Sayur asem + gereh goreng (ikan asin) + sambal terasi + Kerupuk

Menu Hari Selasa

·         Sarapan dan Makan Siang : Pindang bumbu sarden + Bayam rebus + Jus buah

·         Makan Malam : Sayur Bobor + Peyek Teri + Sambel Terasi

Menu Hari Rabu

·         Sarapan dan Makan Siang : Bihun Goreng Sayur + Omelet + Jus Buah

·         Makan Malam : Opor Ayam + Kerupuk Udang + Sambal

Menu Hari Kamis

·         Sarapan dan Makan Siang : Opor Ayam + Ayam Goreng Opor + Sambal + Irisan Mentimun + Kerupuk Udang

·         Makan Malam : Tumis Sawi Putih + Tempe Goreng + Sambel Terasi

Menu Hari Jum’at

·         Sarapan dan Makan Siang : Oseng Tempe Usus + Lombok Ijo + Kerupuk

·         Makan Malam : Sayur Bening + Bandeng / Belut / Telur + Sambal Terasi

Menu Hari Sabtu

·         Sarapan dan Makan Siang : Soto Sokaraja + Mendoan + Sambal

·         Makan Malam : Lodeh Tewel Daun So + Peyek Teri + Tempe Goreng + Sambal

Menu Hari Minggu

·         Sarapan dan Makan Siang : Sambal Goreng Ati + Bayam Rebus

·         Makan Malam : Sop + Jamur Crispy + Sambal Kecap

Nah itu dia beberapa daftar menu hemat dalam seminggu untuk keluarga. Memang masih banyak lagi inspirasi menu makanan yang dapat ibu buat dan temukan.

Semua menu juga bisa ibu kreasikan dan sesuaikan dengan selera keluarga dirumah

 

Posting Komentar