http://www.thehardisfamily.my.id/

Ide Bekal dari Resep Devina Hermawan

Setelah memiliki anak usia sekolah dasar, aku pikir akan memilki banyak waktu untuk diri sendiri. Ternyata semakin anak naik jenjang ibu pun makin banyak kegiatan karena harus mengantar jemput anak-anak. 

Selain itu, bangun lebih pagi dari sebelumnya karena mempersiapkan bekal untuk snack dan makan siang anak disekolah, belum lagi jika mereka ikut eskul. Sehingga aku berinisiatif untuk memberi snack tambahan untuknya. 

Namun setiap langkah dalam menjalankan aktivitas ini, semoga menjadi ladang pahala untuk jalan kesurga ku kelak. Aamiin. 

Mencari ide-ide bekal dari berbagai media sosial supaya anak tidak bosan dengan bekal ke sekolah. Sebenarnya masalah bekal ini bisa selesai ketika kita memutuskan untuk ikut catering disekolah. Namun aku ingin memberikan sesuatu yang spesial untuk anak, dengan membuatkan bekal untuknya walaupun sederhana. 

Akhirnya aku menemukan salah satu channel YouTube yang mudah untuk dipraktekkan oleh ku. Dan beberapa kali membuat masakan dengan resep-resep ini rasanya cocok untuk anak-anak dan suami. Yaitu Channel YouTube Devina Hermawan
 

         Instagram/@devinahermawan

Siapa Devina Hermawan? 
Devina Hermawan adalah seorang chef yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Ia populer setelah ikut ajang kompetisi MasterChef Indonesia Musim kelima. Ia juga YouTuber yang membagikan resep dan tutorial memasak.

Namanya tentu sudah akrab di telinga para penonton setia acara memasak MasterChef Indonesia. Ya, sosok wanita cantik tersebut memang mampu merebut hati pemirsa karena keterampilannya dalam memasak.

Pasca ajang yang membesarkan namanya usai, ia tak menghilang begitu saja. Ia justru mampu mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan dengan menjadi influencer, juru masak tokoh-tokoh ternama, hingga menjadi model.

Melalui kanal YouTube yang diberi judul dengan namanya sendiri, ia sering membagikan berbagai resep masakan mulai dari makanan ringan hingga yang berat untuk dipraktekkan para penontonnya di rumah.

Ia juga sering membagikan berbagai tips memasak lewat akun media sosialnya yang lain. Hal ini tentu sangat membantu bagi masyarakat Indonesia yang pengetahuannya terbatas dalam hal makanan.

Cantik dan memiliki postur tubuh bagus, ia pun kerap didapuk untuk memeragakan busana karya para desainer terkenal di Indonesia.

Melihat latar belakangnya, tak heran jika ia dipercaya menjadi brand ambassador produk peralatan masak bernama Tefal dan produk makanan, Quaker Oats.

Wah begitu banyak prestasi yang diraih oleh Devina Hermawan. Kembali lagi ke menu bekal akhirnya setelah aku berselancar di kanal Channel YouTube Devina Hermawan. Aku memutuskan untuk membuat nasi goreng nanas. 

Resep Nasi Goreng Nanas Ala Devina Hermawan

Bahan-bahan
 
750 gr nasi putih kemarin
10 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 buah cabai merah
1 sdt bubuk kari
2 sdt kecap ikan
2 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
1 sdm kecap maggi
3 butir telur
2 batang daun bawang
4 sdm minyak
1/2 buah nanas
55 gr kacang mede goreng
1 sdt kaldu jamur
1/2 sdm garam
1 sdm margarin

Bahan marinasi
180 gr dada ayam filet
180 gr udang
1 sdm kecap asin
1 sdm minyak
1/8 sdt lada hitam


Cara Membuat

Langkah 1
Belah dua nanas utuh lalu keluarkan bagian tengah nanas dan potong-potong

Langkah 2
Cincang bawang putih, iris bawang merah, daun bawang, dan cabai merah

Langkah 3
Potong dada ayam lalu marinasi dada ayam dan udang dengan kecap asin, lada hitam, dan minyak, aduk rata. Diamkan beberapa saat

Langkah 4
Panaskan minyak, tumis ayam sesaat, sisihkan lalu tumis udang sesaat, sisihkan

Langkah 5
Masukkan telur, aduk kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah, masak hingga wangi

Langkah 6
Masukkan nasi, saus tiram, kecap ikan, kecap maggi, bubuk kari, udang, ayam, daun bawang, dan cabai merah, aduk rata

Langkah 7
Tambahkan kaldu jamur, garam, nanas, kacang mede, minyak wijen, dan margarin, masak beberapa saat

Langkah 8
Tuang nasi goreng ke dalam nanas yang telah di lubangi tengahnya. Nasi goreng nanas siap disajikan

Jadi deh menu bekalku untuk hari ini. Bagi kalian yang ingin melihat video YouTube silahkan tonton video berikut ini : 


 Sumber : YouTube Chanel Devina Hermawan 


Selain itu, untuk lebih mengenal lebih jauh bisa ditonton juga di IG : @devinahermawan

Seperti yang aku bilang di awal, salah satu alasan kenapa memilih untuk mengikuti resep Devina Hermawan karena resep-resep yang dibuat tidak pernah gagal. Dan mudah sekali untuk dipraktekkan. Ternyata dengan membawa bekal pada anak memilki banyak manfaatnya lho. 


Manfaat Anak Bawa Bekal Ke Sekolah
Menyiapkan bekal makan siang sehat dari rumah tentu lebih hemat dibandingkan membelinya di kantin sekolah. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah anak membeli makanan atau cemilan yang tidak sehat. Selain tidak sehat, jajan di sekolah tentu bisa lebih boros. 

Nah, selain lebih hemat, berikut ini manfaat kesehatan jika anak bawa bekal ke sekolah yang perlu orang tua ketahui:

Pilihan Makanan Lebih Sehat
Ketika menyiapkan bekal makan siang anak, tentu ibu dapat mengontrol dan memastikan anak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Jika anak juga perlu camilan, maka ibu bisa memilihkan camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah kering, atau sereal sehat. 

Menciptakan Kebiasaan Sehat untuk Jangka Panjang
Dengan anak membawa bekal ke sekolah, ia akan tumbuh dan belajar tentang nutrisi yang baik. Selain itu, anak akan memiliki kebiasaan makan yang sehat seiring bertambahnya usia. 

Jika anak mulai belajar membuat dan mengemas bekal makanan setiap hari, maka ia akan mempelajari suatu keterampilan baru. Nah, hal ini merupakan kebiasaan yang baik untuk dirinya. Saat dewasa nanti pun ia akan membuat keputusan yang, dalam mengonsumsi makanan dan gaya hidup lainnya. 

Mengajarkan Tanggung Jawab
Dengan memberi anak bekal makanan ke sekolah, orang tua juga bisa mulai mengajari anak tentang tanggung jawab. Tidak sedikit orang tua yang kesulitan untuk mengatur makan siang anak sesuai dengan jadwalnya.

Dengan membawakan bekal, anak dapat belajar tanggung jawab bahwa bekal yang ia bawa dari rumah harus di makan saat jam makan siang. Setidaknya ia mulai bertanggung jawab tentang menjaga kesehatan diri sendiri. Selain itu, anak juga akan belajar menghargai usaha yang orang tua lakukan, untuk menyiapkan bekal makan siangnya.

Membangun Kedekatan Emosional dengan Orang Tua
Orang tua tentu menyiapkan bekal makan siang anak dengan penuh cinta, kasih sayang, dan perhatian. Selain mengajarkan tentang pola makan sehat, memberikan bekal makan siang juga dapat membangun kedekatan emosional, antara anak dan orang tua atau keluarga secara keseluruhan. 

Seiring pertumbuhannya, anak akan menyadari bahwa tindakan ibu menyiapkan bekal adalah bentuk kasih sayang yang ia terima. Selain itu, kebiasaan ini bisa menjadi kenangan yang baik untuk anak.

Semangat terus ibu-ibu untuk selalu membuat bekal untuk anak-anaknya. Karena nutrisi yaang lengkap akan menghasilkan anak yang memiliki tumbuh kembang yang baik dan juga cerdas. 



Posting Komentar